PROFILE


Santa Maria Assumpta
Salam jumpa,

Paroki Santa Maria Assumpta Klaten merupakan satu persekutuan paguyuban umat katholik di dalam Keusukupan Agung Semarang yang mencitakan terwujudnya Kerajaan Allah dalam kehidupan sehari-hari dan mengangkat martabat pribadi manusia serta kelestarian keutuhan ciptaan atas dasar bimbingan Roh Kudus.

Benih iman yang ditabur di tanah ini oleh para misionaris sejak tahun 1909 telah memberi buah-buah yang menggembirakan. Tercermin atas keberadaan 82 Lingkungan, 2 stasi serta 8 Kapel dan Gereja Stasi serta jumlah umat yang lebih dari 10.000 jiwa.

Gereja paroki sendiri dibangun mulai tahun 1920. Dan setelah selesai ; pada tanggal 12 Agustus 1922 diberkati oleh Romo Frans Starter, SJ dengan pelindung Beata Maria Virgo a Sacratissimo Sacramento atau Perawan Suci Maria dari Sakramen Mahakudus.  


Setelah dibangun kembali gedung gereja paroki tersebut -- menyesuaikan dengan perkembangan jumlah umat -- pada tanggal 8 Desember 1968 diberkati Oleh Bapa Uskup Agung Semarang waktu itu Kardinal Justinus Darmayuwana dengan pelindung baru Santa Maria Assumpta. Nama inilah yang sampai sekarang digunakan sebagai pelindung Paroki ini.

Pasang-surut dan dinamika kehidupan tentu kami alami selama ini, dan dalam Lindungan Bunda Maria Assumpta lah kami dapatkan kekuatan untuk selalu berkembang dan mengembangkan kehidupan beriman di paroki ini.

Untuk itu, kami juga mengundang siapa pun anda, dan apapun yang ada pada diri anda; waktu, tenaga, pemikiran ataupun kelebihan rejeki yang dapat anda bagikan dalam karya pengabdian dan pelayanan di paroki ini.

Kami menyambut kesediaan dan kebaikan anda tersebut dengan tangan terbuka dan hati gembira.

Kontak kami lebih lanjut atas kesediaan anda tersebut. 




Klaten, awal 2009

† Berkah Dalem

Related Posts: