SURAT GEMBALA BAPA USKUP PADA MASA WABAH COVID-19



SURAT GEMBALA

Nomor : 0332/A/X/20-13

Para Romo dan Umat Katolik di seluruh Keuskupan Agung Semarang yang terkasih. Berkah Dalem. Saya berdoa dan berharap para Romo dan Saudara-saudari semua dalam keadaan sehat.

Duka dan kecemasan masyarakat saat ini yang disebabkan oleh merebaknya virus corona CONVID-19, merupakan duka dan kecemasan kita, baik gembala maupun umat Keuskupan Agung Semarang (bdk. Gaudium et Spes art. 1). Kita semua sebagai bagian dari masyarakat sungguh merasakan keprihatinan ini. Tidak sedikit korban sakit dan meninggal yang disebabkan olehnya, termasuk di tengah-tengah masyarakat kita.
Kita tahu bahwa penularan virus corona COVID-19 ini terjadi antara lain karena perjumpaan- perjumpaan yang melibatkan banyak orang. Untuk membantu mengurangi atau menghentikan laju penularan tersebut, setelah mendengarkan masukan-masukan dan mengolahnya dalam rapat saya barsama Kuria KAS pada tanggal 19 Maret 2020, serta memperhatikan kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah, dengan ini saya memutuskan:
  1. Selama 15 hari, mulai tanggal 20 Maret sd 3 April 2020, semua kegiatan kegerejaan yang melibatkan banyak orang berikut ini ditiadakan:
  • Misa harian dan Misa Mingguan. Misa Mingguan akan disiarkan online (DoaKomuni Batin atau Spiritual Communion: lihat lampiran);
  • Misa Lingkungan dan Misa Ujud;
  • Pengakuan dosa secara masal, dengan tetap terbuka bagi mereka yang ingin mengaku dosa secara pribadi di gereja paroki;
  • Renungan APP dan Jalan Salib;
  • Latihan-latihan persiapan Pekan suci; 
  • Kursus-kursus dan Pembinaan Iman; 
  • Rapat; dan
  • Pertemuan-pertemuan lain.
       2. Ketentuan  mengenai  Perayaan  Pekan  Suci  akan  disampaikan  pada  waktunya  dengan  mempertimbangkan perkembangan situasi dan kondisi.

Demikian keputusan untuk ditindaklanjuti secepat mungkin demi keselamatan dan kebaikan kita, keluarga, Gereja, dan masyarakat. Saya mengajak para Romo dan seluruh umat Katolik KAS untuk bersama-sama meningkatkan rasa solidaritas, kepedulian, dan tanggungjawab sosial kita. Secara khusus saya memohon bantuan para Romo untuk mengajak umat beriman memaknai peristiwa ini dalam terang iman dan harapan.
Semoga Tuhan melindungi dan menjagai kita dari segala bahaya, serta melimpahkan rahmat kesehatan bagi kita semua. Doa saya selalu dan berkah Dalem.









Posting Komentar

0 Komentar